Selasa, 11 Mei 2010

'1

LEKSIKA!!! Gedung kecil berlantai empat ini masih sama. Selalu nyaman dan menenangkan. Siapa yang mengira ini adalah toko buku atau sejenisnya. Dari segi arsitekturnya aja beda jauh dengan gramedia atau gunung agung. Bangunannya mirip perkantoran, dengan visi go green yang terlihat mencolok. Banyak pohon yang masih hidup di sini. Buku-bukunya juga aga berbeda. Tidak terlalu banyak tapi entah gw merasa semua bukunya menarik. Lantai pertama adalah tempat buku-buku umum, dari novel yang lagi laris sampai buku-buku tebel yang males gw tengok. Lalu di lantai dua ada banyak alat-alat tulis dan kantor, hmm yang ini sepertinya sama dengan gramedia dan lainnya. Lalu di bagian lantai tiga, di sinilah tempat yang bikin ngiler,di bagian depan tersusun komik-komik lama sampai yang paling baru, dan ada beberapa yang sudah terbuka. Di rak berikutnya ada buku-buku aneh tapi membuat gw tertarik karena jarang gw liat di gamedia yang biasa. Dan.. ternyata di bagian pojok lantai tiga ini, ada sofa plus café nya yang bener-bener nyaman. Tebak menunya apa aja?. berbagai jenis kopi dan jus sampai makanan jenis pasta yang bener-bener favorit gw. Gila, gimana gw ga betah di sini lama-lama. Dan yang terakhir di lantai empat, khusus untuk buku-buku agama dan anak-anak ada play area nya juga (pasti bingung kan toko buku macam apa ini?). Ada kejadian lucu di lantai empat ini. Tiap orang tau gw beragama islam, ya bisa diliat dari jilbab yang gw pake. Dan pas di area buku-buku agama ini, tau yang gw baca?. Gw malah asik baca al kitab. Hahahaha.. lagi asik-asik mencerna sebuah ayat atau apa namanya gw ga tau, tiba-tiba ada sebuah suara mengganggu,
Mba, ko baca al kitab? Al quran juga ada ko mba, tuh di sana
Emang ada peraturannya saya ga boleh baca al kitab???
Iih.. siapa sih lo???

Udah 30 menit gw di sini, udah abis jus mangga satu gelas, akhirnya orang yang ditunggu datang juga.

Hi pak,

Sori telat, biasa tadi masih ada pasien..

Santailah pak, mau minum apa?

Wah saya ditraktir???

Hahaha, boleh-boleh asal sesuai kantong saya ya..

Bercanda Naya, masa begitu sama pasien sendiri..

Hmm.. di rumah sakit kita emang berstatus dokter dan pasien, tapi di Leksika boleh kan lebih santai seperti kawan..

Umur kamu berapa?

22, kenapa?

Cukup berani ya berteman dengan pria tua seperti saya!!!

Hahaha.. saya taksir sih umur bapak baru 45. Ga jauh beda sama ayah saya..

Oiya??? Kamu ternyata pintar menebak. Kalau saya jadi ayah kamu udah saya karatina kamu di rumah sakit. Heran, stadium 3 ko masih bisa nongkrong di sini!!! Oiya inget ya, mulai sekarang jangan tidur lebih dari jam 10 malam, jangan stress dan banyak pikiran, jangan kecapean, dan jangan lupa minum obat sesuai dosis yang udah saya kasih. Kalau kamu bandel lagi, bisa-bisa kayak minggu kemarin. Tiba-tiba dateng ke rumah sakit dengan kondisi siap saya masukan ke ICU.

Siap pak dokter!!!

Namanya Pak Riza, dokter pertama yang setuju ga masukin gw ke ICU. Kata dia, mau dimasukin ke ICU atau ruangan manapun percuma kalau jiwa pasiennya nolak. Penyakitnya juga ga bakalan sembuh karena dirawat dengan paksaan. Alhasil ya seperti sekarang ini, setiap selasa jam 2 siang, Pak Riza rutin dateng ke Leksika. Dia melihat perkembangan gw di sini. Coba bayangin, di toko buku, dia bawa-bawa stetoskop dan embel-embelnya. Kadang gw salut juga, dia segitu relanya ngikutin kemauan gw yang sebenarnya diluar nalar. Tapi tiap gw tanya alesannya, dia cuma jawab,

Kamu kan pasien saya..

Klise..

Dan alasan gw juga klise kenapa ga mau masuk icu atau di rawat atau di kemo atau di apa-apain di rumah sakit. Gw takut masuk ICU, di lilit-lilit kabel seperti Robocop, di perlakukan seperti pesakitan. Gw Cuma berharap diagnosa pak riza salah. Tapi… seperti beberapa dokter sebelumnya. Hasilnya sama, malah pak riza bilang udah stadium 3, padahal sebelumnya masih di level dua. Hahahaa.. inilah realita naya.

Kamu bener-bener ga kasih tau siapa-siapa tentang ini?

Emang seharusnya saya cerita ke siapa pak?

Temen, sahabat, atau pacar? Yang penting kamu ga merasa sendiri. Ada yang bisa kamu ajak ke sini di hari selasa berikutnya. Saya juga kan lega kalau tau kamu ada yang jaga. Minimal ngingetin kamu supaya ga males minum obat.

Hmm.. enggalah.. bukan urusan mereka

Jangan bilang kamu ga punya temen atau pacar!

Hahaha.. semerana itukah saya pak dokter? Mungkin belum ada alasan kenapa mereka harus tahu.

Ckckckckk…

Pak Riza Cuma bisa geleng-geleng kepala dan segera merapikan alat-alat kerjanya sembari melirik jam tangan.

Sori, saya pulang duluan ya. Istri udah nunggu di rumah. Kamu masih mau di sini?

Iya. Terimakasih pak.
Pak dokter itu pergi dengan kebiasaan yang sama. Melambaikan tangan saat ingin turun tangga lalu diakhiri dengan senyum kecilnya yang hangat. Aaah.. beruntungnya punya pak dokter seperti anda pak.


Dan akhirnya, gw duduk sendiri di Leksika. Pengen ga pulang ke rumah. Sayang tempatnya ga buka 24 jam. Aaargghhh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar